10 hal yang paling sering dibajak di dunia

Nah, lagi lagi ngomongin soal pembajakan nih..
Gak papa lah, hitung hitung biar sobat ganux semua tahu betapa parahnya tingkat pembajakan di dunia ini.
Untuk itu berikut ini saya akan menyajikan data tentang hal-hal apa saja yang paling bajak dibajak.
langsung disimak daftarnya berikut ini (urutan dibalik ya) :

10 hal yang paling banyak dibajak

10. Desaigner item (aksesoris)
hal ini termasuk berupa model pakain dan ornamen. entah itu model pakain pria, wanita, anak-anak maupun dewasa. lihat aja, kalau di negara kita kita mengenalnya dengan sebutan KW-KW an.. hemph, merk sama barang ASPAL (asli tap palsu). nah begitulah keadaannya.

9. makanan
lho ? makanan dibajak, gimana ceritanya tuh..
maksudnya begini lho, manusia pasti melakukan migrasi dari satu tempat ke tempat lain, bahkan dari satu negara ke negara lain. nah masing-masing negara tentu mempunyai jenis makanan sendiri sendiri, yaitu jenis sayur-sayuran dan buah-buahan yang berbeda beda. nah, otomatis manusia tersebut tidak semuanya bisa beradaptasi dengan makanan yang ada di negara tersebut, sehingga mereka membawa / mengimport buah-buahnan tersebut. hal ini berdampak pada negara yang ditempati manusia sekarang sehingga mereka melaukan pelarangan import buah-buahan itu. solusinya pemerintah setempat menanam buah-buahan tersebut di negara yang ditempati ini. dan padahal hasil dari buah-buahan itu tidak sebagus buah yang berasal dari habitat aslinya. hemph, menarik! hahaha.. saya juga baru tau kok kalau ini termasuk pembajakan.

8. Barang antik
yap tentu saja barang antik mahal harganya karena ketersediannya yang terbatas (limited edition kalau bahasa kerennya. hahaha). demi meraup untung yag besar banyak pembajak yang membuat salinan atau memalsukan barang tersebut. maka hal ini disebut pembajakan.

7. mobile phones
anda punya handphone ? apa merknya ? modelnya ?
ternyata banyak hp yag beredar sekarang meniru desain dari model HP merk lain. contohnya? liat aja HP cina! Ooops. hahaha.. sampai sampai saya menemui HP yag sangat mirip dengan HP merk terkenal tapi ternyata HP cina.. ckckckc

6. Perangkat Keras
nah yag ini saya juga baru dengar, ternyata hardware atau perangkat keras juga bisa dibajak..
kok bisa ? masalahnya hampir sama dengan diatas. coba bandingakn computer bundling dengan rakitan mahalan mana ? tentu saja komputer rakitan lebih murah. masalahnya adalah pada import produknya. barang elektronik yang diimport harus melalui bea cukai dan harganya bertambah karena menanggung pajak. hal ini diakali dengan membuat desain yg sama dari produk itu di negara tersebut oleh perusahaan lokal.

5. Buku
mau bukti yang jelas tentang pembajakan buku?
Tanya saja pada tukang fotocopian! 70% yang mereka fotokopi adalah buku. hahaha. inilah indonesia!
kalau di luar negeri mah pembajakannya lebih anggih, mereka pakai ebook. hemph...

4. perangkat lunak
kalu ini tidak usah dijelaskan panjang lebar pasti udah pada ngerti semua.
anda copy paste program berbayar dari teman anda, anda membajak!

3. Games
mario bross the pirates

yap, hapir sama nasibnya dengan software.. asalkan itu bisa di copy paste, kemungkinan pembajakan sangat terbuka lebar.

2. Musik
musik gratisan, pasti bajak!

yang ini lebih parah. gak perlu lagi nunggu album resmi di luncurkan, anda bahkan sudah bisa mendengarkan lagu tersebut di web. ckckck.. kasihan para penyanyi harus manggung sana sini untuk mendapatkan penghasilan ekstra.. hehehe

1. Movies/Video/TV series
awas, pembajakn film

Taraaaa.. ternyata top listnya adalah movie! hemph. karena sifatya yg dapat di perbanyak dengan mudah maka movies masuk sebagai hal yang paling banyak di bajak. yap, hal ini karena cara pembajakannya yang terbilang mudah. dan coba bayangkan berapa kerugian yang harus dipikul oleh tim produksinya ckckckc..

rujukan sumber asli tulisan : baca

nah.. dari sepuluh daftar diatas anda pernah bajak yang nomor berapa aja?? hehehe..
hari gini masih pakai bajakan.

Previous
Next Post »

Sekarang giliran anda yang berbicara.
Utarakan isi pikiran anda.!
silahkan isi di kolom komentar di bawah. EmoticonEmoticon